Search This Blog

Keunikan Gajah

 http://blog.kutaraya.com/www/my_documents/my_pictures/17.Keunikan-Keunikan_Hewan_Gajah.jpg

Gajah adalah salah satu hewan yang memiliki tubuh yang besar dan tergolong hewan yang cerdas. Hal ini terbukti dari adanya penggunaan hewan ini sebagai salah satu tenaga untuk membantu manusia mengangkat beban yang berat seperti kayu atau benda-benda lainnya. Anda bisa melihat hal ini di sumatera, khususnya di Taman Nasional Way Kambas. Di taman nasional tersebut anda bisa lihat berbagai macam kegiatan gajah yang memiliki berbagai macam ketrampilan.
Dalam sejarah, Gajah Afrika merupakan hewan darat paling besar di dunia. Spesies gajah sendiri memiliki 500 spesies dan kini hanya tersisa 2 spesies saja. Spesies gajah yang pertama adalah Asia Elephas maximus, dan spesies yang kedua dinamakan Gajah Afrika dengan nama latin ( Afrika Loxodanta Africana ). Spesies gajah afrika dan asia mulai terpisah sejak dua juta tahun yang lalu. Dari segi fisik, telinga yang dimiliki gajah asia lebih kecil dibandingkan degan gajah afrika. Selain itu gajah asia juga memiliki dahi dengan bentuk yang rata. Pada bagian kepala gajah asia hanya terdiri dari 2 bonggol saja. Sedangakan pada gajah afrika hanya memiliki satu bonggol saja. Pada bagian lainnya seperti pada ujung belalainya, gajah asia hanya punya 1 bibir saja, sedangkan pada gajah afrika memiliki 2 bibir.
Selain beberapa hal yang sudah anda ketahui diatas, gajah ternyata merupakan salah satu hewan perenang yang tangguh dan dapat dihandalkan. Hewan ini mampu berenang selama 6 jam dan bisa menempuh jarak hingga sekitar 50 km. Sangat jauh juga kan ? Jadi anda tidak perlu khawatir jika suatu saat gajah tidak mampu berenang di air.