Search This Blog

A-Z Langkah sukses


Sukses merupakan tujuan hidup setiap orang, tapi tidak banyak orang yang mau melakukan proses untuk sukses . Menurut pakarnya, manusia sukses tidak cuma dari IQ saja. Peran EQ (Emotional Intelligence) pada kesuksesan bahkan melebihi porsi IQ. Seorang pakar EQ
bernama Patricia Patton memberikan tips bagaimana kita menemukan dan memupuk harga diri, yang disebutnya alfabet keberhasilan pribadi.


A : ACCEPT
Terimalah diri anda sebagaimana adanya. Kekurangan fisik jangan menjadi penghalang untuk berbuat selayaknya manusia normal sebaliknya terimalah diri anda jangan menyesali keadaan diri belajarlah menerima keadaan diri anda


B : BELIEVE
Percayalah terhadap kemampuan anda untuk meraih apa yang anda inginkan
dalam hidup. Orang yang gampang prustasi adalah orang yang tidak percaya terhadap kemampuan, jadilah orang yang percaya akan kemampuan diri anda meskipun bukan pada level ideal, tapi yakinlah itu kelebiahn anda.

C : CARE
Pedulilah pada kemampuan anda meraih apa yang anda inginkan dalam hidup. empati pada diri sndiri akan membantu anda untuk memulihkan kepercayaan diri anda.

D : DIRECT
Arahkan pikiran pada hal-hal positif yang meningkatkan kepercayaan diri. Husnuzhan  pada setiap apa yang sedang anda hadapi bermanfaat kepada energy dalam diri anda menjadi energy positif yang dapat menjadi kekuatan diri yang tangguh menghadapi berbagai problem

E : EARN
Terimalah penghargaan yang diberi orang lain dengan tetap berusaha menjadi
yang terbaik. Allah mengajarkan kepada kita untuk senantiasa menghargai diri anda sendiri lihatlah betapa Allah melindungi jiwa manusia dengan diharamkannya khamar yang dapat merugikan diri sendiri, tidak lain karena kita harus menghargai diri kita, dan penghargaan adalah hal lumrah yang harus anda terima dari siapapun asalkan tidak membuat diri kita sombong.

F : FACE
Hadapi masalah dengan benar dan yakin. Jangan lari dari setiap masalah sebab masalah akan selalu ada selama kita masih hidup, mari kita hadapi dengan pemuh keyakinan bahwa kita mampu menghadapinya.

G : GO
Berangkatlah dari kebenaran. Jika berangkat dengan niat yang benar maka hasilnya juga benar Allah akan memberikan apa yang kita usahakan sesuai dengan keinginan hati kita.

H : HOMEWORK
Pekerjaan rumah adalah langkah penting untuk pengumpulan informasi. Setiap ada pekerjaan rumah segeralah untuk menyelesaikannya sebab berikutnya anda akan menghadpi PR berikutnya

I : IGNORE
Abaikan celaan orang yang menghalangi jalan anda mencapai tujuan. Suatu saat tatkala anda sukses anda akan berterima kasih kepada orang yang mencela anda jika saja celaan orang tersebut anda jadikan sebagai suplemen untuk menuju sukses

J : JEALOUSLY
Rasa iri dapat membuat anda tidak menghargai kelebihan anda sendiri. Iri hati juga bisa menyebabkan penyakit hati yang kronis sebab and aberfikir bagaimana anda menghansurkan orang lain bukan bagaimana anda sukses.

K : KEEP
Terus berusaha walaupun beberapa kali gagal. Jangan menggunakan cara yang sama jika anda sudah gagal, ingat jangan jatuh pada lubang yang sama tapi bangkit dari kegagalan adalah kewajiban anda.

L : LEARN
Belajar dari kesalahan dan berusaha untuk tidak mengulanginya. Kata bijak menyeburtkan bahwa pengalaman adalh guru terbaik. Karena itu jadi pengalaman sebagai sebuah pelajaran berharga guna tidak menghindari kesalahan yang sama pada waktu yang berbeda

M : MIND
Perhatikan urusan sendiri dan tidak menyebar gosip tentang orang lain. Sibukkan diri anda dengan melihat kekurangan diri sebab anda akan memperbaikinya, jika anda memperhatikan kesalahan atau kekurangan orang lain maka anda akan menganggap diri anda yang terbaik.

N : NEVER
Jangan terlibat skandal seks, obat terlarang, dan alcohol. Walaupun seks merupakan kebutuhan tetapi berhati-hatilah agama melarang setiap pemeluknya untuk melakukan zina, berapa banyak orang besar yang jatuh karena seks dan jangan sampai anda adalah korban berikutnya

O : OBSERVE
Amatilah segala hal di sekeliling anda. Perhatikan, dengarkan, dan belajar
dari orang lain. Ada yang mengatakan bahwa semua yang ada disekeliling anda berbicara artinya tidak ada yang sia-sia apa saja yang pernah kita alami,rasakan dan lihat di sekitar kita

P : PATIENCE
Sabar adalah kekuatan tak ternilai yang membuat anda terus berusaha. Dalam kitab mahfuzhot di sebutkan bahwa kesabaran adalah kunci kebahagiaan, sudah tidak terhitung jumlah orang yang hancur karena ia tidak bersabar lima menit menunggu. Ada banyak orang kehilangan nyawanya karena tidak sabar menunggu kereta lewat, ada banyak orang bunuh diri karena tidak sabar menghadapi penyakitnya padahal sebentar lagi ia akan meninggal dunia dalam keadaan husnul khotimah.

Q : QUESTION
Pertanyaan perlu untuk mencari jawaban yang benar dan menambah ilmu. Penasaran jangan di biarkan bergelanyut dibenak anda cari jawabannya kepada orang yang ahli, sebab kunci ilmu adalah bertanya.

R : RESPECT
Hargai diri sendiri dan juga orang lain. Hargai setiap orang meskipun ia berbeda status sosialnya dengan anda, pada Fitrahnya setiap manusia ingin di hargai jangan mimpi dihargai orang lain jika anda tidak menghargai orang lain.

S : SELF CONFIDENCE, SELF ESTEEM, SELF RESPECT
Percaya diri, harga diri, citra diri, penghormatan diri membebaskan kita
dari saat-saat tegang. Harga dir atau Izzah harus ada pada setiap diri siapapun diri anda dan apapun profesinya, harga diri bukan pada sesuatu yang negative , melainkan sebagai indikasi eksistensi diri anda. Seorang menantu tidak akan punya izzah jika ia tidak punya pekerjaan buat menghidupi keluarganya, sebaliknya sekecil apapu kgaji anda paling tidak anda tidak makan dari jerih payah orang lain.

T : TAKE
Bertanggung jawab pada setiap tindakan anda. Bersikaplah gentle apapun bentuk perbuatan yang harus dipertanggung jawabkan maka empati akan memihak kepada diri anda.

U : UNDERSTAND
Pahami bahwa hidup itu naik turun, namun tak ada yang dapat
mengalahkan anda. Hidup bagaikan roda berputar adakalanya kita di atas dilain wkatu kita juga di bawah maka kita harus siap pada saat naik dan turun.

V : VALUE
Nilai diri sendiri dan orang lain, berusahalah melakukan yang terbaik usaha terbaik akan menghasilkan hasil terbaik pula. Pada saat anda dipercaya melakukan sesuatu lakukanlah sungguh-sungguh jangan setengah hati sebab hasil yang sungguh jauh lebih berkesan kepada orang yang mempercayai anda yang manfaatnya suatu saat akan anda nikmati.

W : WORK
Bekerja dengan giat, jangan lupa berdo'a. janganlah bekerja hanya denga jasad tapi bekerjalah dengan hati agar anda merasakan nikmatnya bekerja, pekerjaan yang dilakukan tanpa hati akan membuat siksaan yang pedih bagi yang melakukannya .

X : X'TRA
Usaha lebih keras membawa keberhasilan. Hasil yang anda peroleh sesuai dengan usaha yang anda lakukan, ingat Allah tidak pernah lupa untuk mengharagi usaha hamba-Nya meskipun ia seorang yang kafir.

Y : YOU
Anda dapat membuat suatu yang berbeda. Berbuat yang beda bukan berarti sesuatu yang negative, jika itu yang anda lakukan maka anda disebut nyeleneh (bahasa jawa) tapi jika hal yang berbeda tersebut merupakan hal yang positif maka yakinlah anda sedang merintis Sesuatu yang menghasilkan sukses yang berbeda.

Z : ZERO
Usaha nol membawa hasil nol pula. Qada dan qadar memang harus diterima dengan ikhlas tetapi ikhtiar jangan sampai dilupakan, sebab kemiskinan,kebodohan,ketidak percayaan diri, kemalasan merupakan hal yang bisa dirubah dengan ikhtiar.
http://hunter75.blogspot.com/2010/08/z-langkah-sukses.html