Search This Blog

MENCONTEK


Ketika kita ingat mencontek pasti kita akan ingat pada ulangan, ya.... memang dalam ulanagn atau ujian pasti selalu ada kata "mencontek". fenomena ini bisa kita lihat pada waktu ulangan apa saja.
Mencontek mungkin sudah dianggap baisa dalam ulangan. pertanyaannya mengapa mencontek selalu terjadi

dalam ulangan? jawabnya mungkin saja karena yang mereka inginkan hanyalah nilai yang bagus atau juga karena malas berfikir. Sebenarnya ulangan atau ujian itu adalah sarana untuk menguji diri kita apakah hasil belajar kita itu berhasil atau tidak berhasil. Jadi apabila kita membiasakan diri mencontek apa untungnya buat masa depan kita? dengan mencontek kita tidak akan mendapatkan keuntungan malah akan menimbulkan kerugian bagi kita yaitu kita akan lebih bodoh dan terbelakan.
Saat ini di negeri kita sering terjadi Korupsi,Kolusi,Nepotisme (KKN). KKN terjadi karena ketidak jujuran dan tidak bisa memegang amanah. Bila di sangkut pautkan dengan ulangan, yaitu bila kita sudah tidak jujur dalam mengerjakan soal ulangan, apakah mungkin masa depan negeri ini akan lebih baik bila generasi ini di isi oleh generasi yang tidak jujur? jawabnya pasti tidak, karena mana mungkin negeri ini akan lebih baik, malah bisa lebih buruk dan terbelakang, bahkan bisa saja negeri ini kembali terjajah.
Mencontek harus kita hindari dengan cara mengisi soal ulangan dengan jujur sesuai dengan kemampuan kita. jujur bukan hanya di terapkan dalam ulanagan saja tapi dalam kehidupan kita sehari-hari. marilah kita menjadi orang yang jujur.