Search This Blog

Kisah Sepasang Suami Istri Yang Baik

 sepasang suami istri yang baik hatinya yang di cintai alloh dan rasulnya
Kisah ini menceritakan tentang sepasang suami istri yang di cinta alloh dan rasulnya.sampai alloh memuji dalam al-qur'an seperti yang di jelaskan oleh baginda nabi saw, yang artinya, "dan mereka mengutamakan (orang-orang muhajirin) atas diri mereka,sekalipun mereka dalam kesusahan (q.s al.hasyr : 9 ) ". dimana kisah teladan ini diawali ketika seseorang yang bertamu kepada baginda nabi saw.
Pada suatu hari ada seseorang yang bertamu kepada nabi saw.lalu beliau mengajak tamunya untuk mengunjungi rumah istri-istri beliau saw.dengan maksud ingin menjamu tamunya itu.namun istri - istrinya nabi saw mengatakan kepada beliau, "wahai nabiyulloh sesungguhnya tidak ada sesuatu yang kami miliki selain dari air lalu nabi kemudian bersabda kepada para sahabatnya, "barang siapa yang menghormati tamu ku pada malam ini, maka baginya surga.

Kemudian ada seseorang yang berkata, "aku ya rasululloh" maka nabi pun menyuruh tamunya untuk mengikuti sahabat itu kerumahnya.dan berangkatlah sahabat itu membawa tamu rasul ke rumahnya, sesampainya di rumah dia menyuruh istrinya dan berkata," hormatilah tamu rasululloh saw". Namun istrinya mengatakan,"wahai suamiku sesungguhnya tidak ada cukup makanan untuk itu kecuali untuk anak-anak kita.

Dan suaminya pun berkata kepada istrinya,"wahai istriku sediakan lah makanan untuk tamu rasululloh,dan kamu coba untuk memperbaiki lampunya,dan cobalah kamu menidurkan anak-anak jika mereka meminta makan."dan istrinya pun mengerjakan apa yang di katakan oleh suaminya,kemudian dia pun berdiri dari duduknya dan berpura - pura memperbaiki lampunya kemudian memadamkan lampunya.

Maka gelaplah ruang rumahnya itu.kemudian sang istripun menyiapkan hidangan yang akan di berikan kepada tamunya,kemudian mereka ( sepasang suami istri ) pun duduk bersama tamunya dan seolah-olah mereka pun ikut menyantap makan yang di makan oleh sang tamu, padahal tidak dan  mereka berdua tidur dalam keadaan perutnya yang lapar.

Pada waktu subuh, dia sang suami pergi ke masjid hendak melakukan sembahyang shalat subuh berjamaah di masjid.dan diapun bertemu dengan baginda nabi saw kemudian diapun menceritakan nya kepada rasululloh saw.kemudian beliaupun bersabda, "alloh mencintaimu karena perbuatan kamu berdua."